Senin, 29 Desember 2014

Media Pembelajaran: Buku Dongeng Raksasa dan Kupu-Kupu Terbang



Media Pembelajaran: Buku Dongeng Raksasa dan Kupu-Kupu Terbang


BAGIAN I
PEMBUATAN MEDIA
A.      Alat dan Bahan
1.        Alat
a.        Gunting
b.       Kater
c.        Pensil
d.       Pensil Warna
e.        Crayon
f.         Mistar
g.        Penghapus
h.       Serutan Pensil
i.         Obeng
j.         Palu
k.       Printer
l.         Kertas A4

2.        Bahan
a.        Kardus bekas Aqua/Supermi
b.       Buku gambar A3
c.        Kertas duplek
d.       Kertas Ermes
e.        Kertas lipat
f.         Doubletape (Ukuran disesuaikan)
g.        Lakban hitam
h.       Ripet

B.       Teknik Pembuatan
1.        Buku Dongeng Dora
a.        Kumpulan alat dan bahan yang dibutuhkan.
b.        Buat alur cerita dan print beserta gambar-gambar tokohnya (Gambar tokoh bisa digambar sendiri, tidak harus selalu di print).
c.        Tempelkan gambar-gambar tokoh pada kertas duplek.
d.        Ambil kardus-kardus dan potong menjadi dua buah bagian sama besar (panjang dan lebar disesuaikan).
e.        Susun kardus hingga membentuk seperti lembaran buku, namun jangan dulu di rekatkan dengan lem.
f.         Gunting kertas A3. Sesuaikan dengan ukuran kardus kuntuk dijadikan background (latar cerita).
g.        Gambar latar sesuai dengan cerita yang ada.
h.        Lem latar cerita pada kardus dengan menggunakan doubletape.
i.         Gunting gambar-gambar tokoh yang sebelumnya sudah direkatkan di kertas duplek.
j.         Buatkan per dari kertas duplek agar tokoh-tokoh tersebut terlihat timbul dan tempelkan per pada potongan tokoh.
k.        Selanjutnya tempelkan tokoh yang sudah diberi per pada lembar cerita sesuai dengan latar ceritanya.
l.         Lapisi kardus yang belum ditepeli latar cerita dengan menggunakan kertas lipat.
m.      Gunting cerita yang sudah di print kemudian tempelkan pada kardus yang sudah dilapisi kertas lipat tersebut.
n.        Rekatkan potongan-potongan kardus dengan doubletape.
o.        Gunting kertas ermes dengan ukuran yang sesuai dengan kardus untuk dijadikan sampul buku.
p.        Kemudian rekatkan dengan menggunakan doubletape.
q.        Beri judul dan gambar pada sampul (Judul dan gambar tdak harus selalu di ketik, namun bisa dibuat sendiri).
r.         Siapkan obeng, palu, dan ripet.
s.        Lubangi sisi kardus menggunakan obeng dan palu, kemudian masukan ripetpada lubang untuk membuat jilid buku.
t.         Media buku dongeng besar suda selesai dan siap untuk digunakan.

2.        Kupu-Kupu Terbang
a.        Gambar kupu-kupu pada buku gambar A3.
b.        Warnai sesuai dengan keinginan.
c.        Gunting kupu-kupu kemudian tempelkan di kertas duplek.
d.        Tekuk bagian tengah kupu-kupu agar kupu-kupu nampak berdiri.
e.        Tempelkan dua buah doubletape (ukuran disesuaikan dengan kebutuhan).
f.         Buka pelapis salah satu doubletape, kemudian tempelkan kupu-kupu pada dinding kelas (penempelan menyebar).
g.        Pelapis doubletape yang lain dibuka saat proses pembelajaran, saat siswa harus mencari kupu-kupu, menangkapnya, dan menempelkan pada papan tulis.












BAGIAN II
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

                Media pembelajaran ini bernama “Buku Dongeng Raksasa”. karena dilihat dari ukuran buku yang memang lebih besar dari buku dongeng biasanya. Lalu juga ada lagi media yang kedua, bernama “Kupu-Kupu Terbang” yang sebetulnya masih berkaitan dengan buku dongeng raksasa ini.
 Media ini bisa digunakan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, serta Seni Budaya dan Prakarya untuk kelas I SD.
Kompetensi Dasar                :
a. Bahasa Indonesia
4.3 Menyampaikan teks terimakasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

b.  Matematika
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, dan tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

c. Seni Budaya dan Prakarya
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.

Indikator  :
Bahasa Indonesia
1.         Menyampaikan rasa terimakasih atas kasih sayang yang diberikan keluarga/sahabat.

Matematika
1.        Menyatakan jumlah benda di sekitarnya.

Seni Budaya dan Prakarya
1.        Menyanyikan lagu anak-anak.
2.        Menceritakan isi lagu.

Tujuan Pembelajaran :   1. Melalui metode menyimak siswa dapat menyampaikan rasa terimakasih atas kasih sayang yang diberikan keluarga/sahabat dengan benar.
2.     Melalui permainan, siswa dapat menyatakan jumlah benda di sekitarnya dengan benar.
3.Melalui metode menyimak, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak.
4.Melalui metode menyimak, siswa dapat menceritakan isi lagu anak-anak.

Langkah-Langkah Penggunaan Media:
1.        Kegiatan Awal
a.        Guru Menempelkan gambar kupu-kupu di sekita kelas.
b.        Guru mengkondisikan kelas dengan tempat duduk berbentuk letter U.
c.        Guru menyiapkan buku dongeng raksasa.
d.        Guru mengecek kehadiran siswa.
e.        Guru melakukan aprsepsi terkait dengan materi pelajaran yang akan diajarkan.
f.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.        Kegiatan Inti
a.        Guru menyampaikan aturan permainan sebelum mendongeng.
b.        Guru mendongengkan cerita kepada siswa.
c.        Sesekali guru berlaga seperti tokoh dalam cerita dan bertanya atau mengintruksikan sesuatu kepada siswa terkait beberapa hal dalam cerita.
d.        Siswa menjawab pertanyaan tokoh atau melakukan sesuatu terkait apa yang ditanyakan/diperintahkan tokoh.
e.        Masuk ke bagian cerita saat tokoh sampai di taman kupu-kupu, guru mengajak siswa menghitung jumlah kupu-kupu dalam gambar dan menyuruh siswa mengumpulkan kupu-kupu di sekitarnya.
f.         Siswa mencari kupu-kupu, mengumpulkannya, dan menempelkannya pada papan permainan.
g.        Siswa bersama guru menghitung jumlah kupu-kupu yang berhasil dikumpulkan.
h.        Guru melanjutkan dongeng.
i.         Siswa menyimak cerita guru.
j.         Sampai pada bagian di mana tokoh harus bernyanyi, kemudian guru mengajak siswa untuk bernyanyi.
k.        Siswa bernyanyi bersama-sama dengan guru.
l.         Guru menceritakan isi lagu kupu-kupu tersebut dikaitkan dengan cerita.
m.      Guru melanjutkan cerita hingga akhir cerita.
n.        Guru melakukan tanya jawab dengan siswa terkait keseluruhan isi cerita.
o.        Guru bertanya tentang apa yang disampaikan tokh terkait dengan kalimat yang menunjukan rasa kasih sayang.
p.        Siswa diminta guru untuk maju ke depan berpasangan dan menyampaikan kaliimat yang menunjukan rasa terimakasih atas kasih sayang yang telah diberikan keluarga atau sahabat.
q.        Guru kembali melakukan tanya jawab tentang jumlah kupu-kupu yang tadi ada di dalam dongeng dan jumlah kupu-kupu yang berhasil merea kumpulkan..
r.         Siswa diminta guru untuk mengumpulkan benda di ata meja sejumah kupu-kupu yang tadi ada, atau sejumlah warna kupu-kupu yang diperlihatkan guru.
s.        Guru dan siswa sama-sama menghitung jumlah barang-barang siswa yang ada di atas meja.
t.         Guru bertanya kepada siswa tentang lagu anak-anak yang merkea ketahui.
u.        Siswa menyebutkan lagu anak-anak yang mereka ketahui.
v.        Guru bersama-sama dengan siswa menyanyikan salah satu lagu anak-anak.
w.      Siswa dengan guru mengupas isi lagu yang dinyanyikan tersebut.
x.        Sebanyak 5 orang siswa maju ke depan bergiliran untuk menyanyikan salah satu lagu anak-anak dan menceritakan isi lagunya.
y.        Guru mengapresiasi semua penampilan anak dan keaktifan anak di keas. Anak yang paling aktif diberikan hadiah.
z.        Siswa dibantu dengan guru menyimpulkan keseluruhan proses pembelajaran.

Penggunaan dari media ini dapat dimodifikasi kembali sesuai dengan tujuan pembelajaran, kondisi siswa, dan budget yang ada.









BAGIAN III
PERAWATAN MEDIA

Perawatan media merupakan salah satu langkah yang tidak bisa dilepaskan dari pembuatan media itu sendiri. Untuk Media “Buku Dongeng Raksasa” dan “Kupu-Kupu Terbang” ini perawatannya cukup sederhana dan sangat mudah. Adapun perawatannya adalah sebagai berikut:

1.        Buku Dongeng
a.        Bungkus buku dongeng raksasa ini dengan plastik.
b.        Taruh di tempat yang terkena cukup paparan sinar matahari. Jangan ditaruh di tempat lembap.
c.        Taruh di atas lemari dengan posisi terlentang.
2.        Kupu-KupuTerbang
a.        Bungkus potongan kupu-kupu dengan plastik.
b.        Simpan dan satukan/selipkan ke dalam buku dongeng raksasa.
c.        Letakan di tempat yang cukup terkena sinar matahari bersama buku dongeng raksasa.











BAGIAN IV
LAMPIRAN-LAMPIRAN

A.      Teks Cerita

DORA MENCARI JALAN PULANG

Suatu hari, Dora di perintahkan oleh kedua orangtuanya untuk segera pulang karena ayahnya akan mengadakan pesta ulang tahun. Namun saat itu dora baru saja pulang dari kota. Rumah Dora berada di desa Venisia, dan untuk bisa sampai ke sana Dora harus menyebrangi sungai, hanya saat itu jembatan  yang menghubungkan desa dan kota roboh, sehingga dora harus mencari jalan lain.
                “Halo Teman-teman, namaku Dora si Petualang.. Hari ini orangtuaku memintaku untuk segera pulang ke rumah. Aku baru saja berjalan-jalan dari kota. Rumahku di desa Venisia, dan untuk menuju ke sana aku harus menyebrangi sungai. Namun jembatan di sana baru saja aku dengar roboh dan tidak ada perahu juga. Sehingga aku harus mencari jalan lain. Untung saja aku mempunyai peta. Ayo bantu aku untuk melihat petanya bersama-sama ya!”
Kemudian Dora pun melihat peta untuk menemukan jalan mana saja yang harus dilaluinya.
“Hallo teman-teman, namaku Peta. Aku akan membantu Dora untuk menemukan jalan pulang ke rumah orang tuanya. Kalian tolong bantu aku ya, tolong katakan pada Dora tempat-tempat yang harus dilaluinya”.
“Pertama-tama Dora harus melalui taman kupu-kupu, Kebun milik Dicko, dan sampailah dia di rumah orang tuanya”
“Jadi tolong katakan pada Dora, Taman Kupu-Kupu, kebun Dicko, rumah orang tua”.
Peta memberi tahu Dora dengan jelas jalan mana saja yang harus dilaluinya agar sampai ke rumah.
Dora berterimakasih kepada peta, karena atas petunjuknya dia yakin untuk melanjutkan perjalanan tanpa tersesat.
Dia sudah tidak sabar ingin segera berkumpul bersama keluarganya. Oleh karena itu dia berjalan dengan langkah yang sedikit cepat.
Dora pun berjalan ke arah timur, mengikuti petunjuk peta. Dia terus saja berjalan, ditemani dengan Boots sahabat setianya.
“Dora.. menyenangkan sekali kita bisa berpetualang menyusuri jalanan yang baru!!” Kata Boots kepada Dora. Boots sangat senang sekali karena dia melalui jalan yang berbeda untuk sampai ke rumah ayah Dora.
“Benar boots, ini menyenangkan sekali!” Kata Dora menanggapi.
Tidak terasa mereka tiba di taman kupu-kupu. Mereka melihat banyak kupu-kupu di sana. Boots beristirahat sebentar bersama Dora, mereka melihat indahnya kupu-kupu yang beterbangan.
“Ini sangat indah Boots. Ayo coba bisakah kau menghitung berapa banyak jumlah kupu-kupu di sini?”
Boots kurang pandai berhitung. Dia tampak kebingungan.
“Teman-teman, bisakah kau membantuku menghitung berapa banyak kupu-kupu yang ada?”
(Proses permainan. Menghitung kupu-kupu yang ada pada gambar).
 “Wahh pintar Boots. Jumlahnya benar. Ada 4 kupu-kupu kuning di taman ini”. Dora memberikan pujian kepada Boots.
“Sekarang, apakah di sekitar kalian ada kupu-kupu teman-teman? Kalau ada, bisakah kalian menangkapnya dan menghitungnya untukku?”
(Anak-anak kembali menghitung jumlah kupu-kupu. Sebelumnya kupu-kupu itu sudah ditempel/diletakan di sekitar anak dengan jumlah sesuai yang diinginkan guru. Anak-anak disuruh mengumpulkannya ke depan, menempelnya pada papan, kemudian menghitung berapa jumlah kupu-kupu yang ada).
 “Berapa kupu-kupu yang berhasil kalian tangkap teman-teman?” Tanya Boots.
“Wahh sekarang kupu-kupunya bertambah banyak. Terimakasih telah menangkap kupu-kupunya untukku teman-teman. Kalian sangat pintar!” Sorak Dora gembira.
Satu jam berlalu. Dora dan Boots masih bermain-main di taman kupu-kupu. Tiba-tiba saja Boots mengajak Dora kembali meneruskan perjalanan.
 “Dora, Ayo kita lanutkan perjalanan!” Ajak Boots kepada Dora.
Dora mengikuti ajakan Boots. Mereka melanjutkan perjalanan dengan penuh keceriaan.
Tiba-tiba saja, di sebuah persimpangan, mereka dikejutkan oleh Diego. Diego adalah sudara sepupu laki-laki Dora.
“Hallo Dora! Senang sekali aku bisa bertemu denganmu di sini. Aku sedang beristirahat di bawah pohon itu, dan kebetulan sekali kita bertemu. Mari kita pergi bersama-sama ke rumah paman!” Ajak Diego kepada Dora. Diego pun ternyata akan pergi ke rumah orang tua Dora.
“Ayo Diego, dengan senang hati!” Ucap Dora gembira. Dan mereka pun pergi bersama-sama.
“Dora, Boots, mari kita bernyanyi” Ajak Diego kepada Dora dan Boots.
“Ayo Mari bernyanyi...” Ajak Boots.
(Anak-anak diajak bernyanyi).
 Kalau kau senang hati tepuk tangan.
Kalau kau senang hati injak bumi.
Kalau kau senang hati dan rasanya begitu, kalau kau senang hati ucap hore
Mereka bernyanyi sepanjang jalan. Lalu tiba-tiba saja Dora menghentikan langkah kakinya. Karena kaget, Diego dan Boots pun turut berhenti.
“Sssttttttttt!!!!!!!!!” perintah Dora pada Diego dan Boots.
“Kenapa Dora?” Tanya Diego penasaran
“Kita sudah sampai di kebun milikk Dicko. Kita tidak boleh berisik!” Ucap Dora.
“Bagaimana kita masuk Dora?” Tanya Boots tidak sabar.
 “Ucapkan salam!” Kata Diego.
“Ya, mari kita ucapkan salam!” Ajak Dora.
“Selamat Sore!!!” Seru mereka bertiga, berharap agar pintu rumah Dicko dibuka.
Lalu terdengarlah suara Dicko di balik pintu. “Siapa kalian?????”
 “Kami Dora, Boots, dan Diego. Kami ingin melewati kebunmu untuk sampai ke rumah ayah dan ibu. Kami terpaksa harus melewatinya karena jembatan penghubung roboh. Bolehkah?” Tanya Dora pada Dicko.
“Enak saja! Sembarangan saja kalian ingin masuk. Di pintu itu sudah ada syaratnya jika kalian ingin masuk!” Bentak Dicko. Diego pun bertanya pada Dicko, “Apakah kita harus bernyanyi, Dicko?”
“Ya!”
Pintu itu bertuliskan bahwa mereka harus bernyanyi untuk bisa masuk ke dalam.
“Baiklah teman-teman. Mari kita bernyanyi!” Ajak Diego.
“Tunggu sebentar!” Kata Dicko. “Apakah kalian tadi melewati taman kupu-kupu? Berapa jumlah kupu-kupu yang berhasil kalian tangkap?” Tiba-tiba Dicko bertanya seperti itu.
“Nyanyikanlah lagu kupu-kupu! Tahukah kalian? Kalau tidak lagu yang lain saja asalkan lagunya membuatku gembira!”
“Apakah kalian tahu lagu kupu-kupu? Ataukah kalian ingin menyanyikan lagu lain? Apa judulnya? Tanya Dora.
(Guru berpura-pura menjadi tokoh Dora mengajak anak untuk kembali bernyanyi demi membantu Dora, Diego, dan Boots).
Akhirnya, setelah berdiskusi, mereka menyanyikan sebuah lagu untuk Dicko. Dicko merasa senang sehingga mau mebukakan pintu untuk mereka.
“Terimakasih Dicko!” Dora mengucapkan terimakasih karena senang.
“Ya Dora, sama-sama. Karena kalian telah bernyanyi dengan baik, maka aku hadiahkan kebun ini kepada kalian. Kalian akan menjadi raja dan ratu setiap kali kalian ada di kebun ini. Ini pakaian untuk kalian, cobalah!” Dicko memberi mereka pakaian istana.
“Waaahhhhhhh ini sangat bagus Dicko. Terimakasih!” Boots nampak gembira.
“Tetapi, saat kalian hendak pergi meninggalkan kebun, kalian harus kembali berganti pakaian memakai pakaian kalian masing-masing. Baju-baju istana ini tinggalkan saja di sini.
“Baiklah kalau begitu. Terimakasih Dicko. Karena kami takut terlambat, sebaiknya kami pamit sekarang saja. Sampai jumpa lain waktu Dicko!” Diego berpamit kepada Dicko.
Mereka keluar dari gerbang yang belakang dan meneruskan perjalanan untuk sampai di pesta tepat waktu.
Mereka kembali berjalan melewati tanah-tanah hijau penuh rerumputan, hingga akhirnya mereka melihat sebuah keramaian.
“Lihat itu pestanya akan segera dimulai!” Diego memekik girang.
“Ayo ke sana Dora!!” Ajak Boots tak kalah senang dari Diego.
Hingga akhirnya mereka tiba di rumah orangtua Dora dan mengikuti pesta ulang tahun ayah Dora. Mereka tampak sangat gembira.
Acara pun berlangsung dengan sangat meriah. Dora dan keluarganya tertawa dan bernyanyi bersama.
Setelah perayaan ulang tahun selesai, Dora berkata kepada Boots “Terimakasih Boots, kau telah menjadi sahabatku. Kau selalu menemaniku ke mana pun aku pergi. Aku senang memiliki sahabat sepertimu. Kita telah berhasil menaklukan petualangan hari ini. Banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang aku dapatkan hari ini!”
 “Sama-sama Dora. Aku pun senang bisa menjadi sahabatmu. Kau sangat baik Dora, dan aku bahagia karena kebaikanmu. Aku menyayangimu Dora” Boots pun membalas ucapan terimaksih dan kasih saya Dora.
Lalu mereka berdua pun bernyanyi..
Berhasil-berhasil berhasil hore!”
Kita telah melewati taman kupu-kupu dan menghitungnya, berhasil berhasil berhasil hore!
Kita telah melewati kebun Dicko dan menyanyikan lagu untuknya, berhasil berhasil berhasil hore!
Kita telah sampai ke pesta bersenang-senang bersama keluarga, berhasil berhasil berhasil hore!
“Yee... berhasil!!!!! Terimakasih Boots.. aku menyayangimu. Kau sahabat terbaiku Boots..”
“Kau juga sahabat terbaiku Dora, dan aku menyayangimu...”

TAMAT





Tidak ada komentar:

Posting Komentar